JAKARTA — Sejumlah pelaku Usaha MIkro Kecil Menengah (UMKM) Pasar Santa gandeng Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bantu kelompok rentan di masa pandemi Covid-19. Adapun bantuan tersebut salah satunya berupa distribusi 150 paket makanan siap saji bagi petugas pemakaman di TPU Rorotan, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara (07/08/2021). TPU Rorotan merupakan salah satu tempat pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19.

Melalui campaign #KuatKuatin, mereka melakukan penggalangan donasi yang kemudian pendistribusian makanan bagi kelompok rentan di masa pandemi Covid-19. Pelaku bisnis UMKM tersebut antara lain Arka Coffee and Roastery, Lestari Ayam Kremez Gemez, Mangkuk, Restoran Sahabat Sejahtera, dan Black Cattle serta donatur perorangan dari Keluarga Aditya Rachmanto.

“#KuatKuatin tuh sudah ada dari awal pandemi 2020. Waktu itu misinya memberikan bantuan makanan, minuman, sanitizer kepada kelompok rentan dengan membuka donasi. Donasi ini merupakan gabungan dari pedagang-pedagang di Pasar Santa yang juga terkena dampak pandemi,” jelas Ganis Ilman salah satu penggerak campaign melalui pesan singkat (07/08/2021).

“Jadi donasi yang masuk akan dibagikan ke UMKM yang ada di Pasar Santa untuk dijadikan makanan dan minuman,”lanjutnya.

DMC Dompet Dhuafa dipercaya untuk menjadi eksekutor distribusi makanan kali ini. DMC Dompet Dhuafa merupakan salah satu unit dalam Crisis Center Cekal Corona Dompet Dhuafa yang siap memberikan pelayanan penanganan Covid-19.

“Crisis Center Cekal Corona Dompet Dhuafa merupakan bentuk komitmen kami dalam membantu masyarakat terdampak dari pandemi ini. Kami membuka peluang bagi siapapun yang tertarik untuk bersama-sama berkontribusi menanggulangi pandemi Covid-19. Lewat kolaborasi semacam ini, semoga bisa membantu mereka yang berjuang di garda terdepan seperti petugas pemakaman,” pungkas Haryo Mojopahit selaku Kepala DMC Dompet Dhuafa.

Adapun layanan yang disiapkan oleh Crisis Center Cekal Corona Dompet DHuafa berupa: Layanan Ambulans Covid, Layanan Isoman Obat-Pemantaun Berkala, Support Oksigen, RS. Lapangan Covid-19, Layanan Pemulasaran Jenazah, Layanan Psikososial dan Religi, Layanan Dapur Umum di Zona-Zona Merah, dan Food for Dhuafa. Masyarakat yang ingin mengajukan layanan bisa menghubungi nomor 08111617101.

“Tiada yang lebih enak dari makanan seusai menuntaskan pekerjaan,” ujar salah satu petugas. (Dompet Dhuafa / DMC)