JAKARTA BARAT — Bersama dengan produser alat masak (cookware) premium di Indonesia, Debellin Premium Cookware, Dompet Dhuafa menggulirkan aksi bebgai paket sembako bagi masyarakat-masyarakat kecil di kawasan Jakarta Barat yang terdampak covid-19. Sebanyak 20 paket sembako disalurkan kepada warga RT 6 RW 10 Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta barat, pada Rabu (15/7/2021).

Petugas penyalur, Tubagus Iim Nurohim mengatakan, masyarakat di sana mayoritas adalah masyarakat kecil yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima, pedagang asongan, tukang ojek, dan tukang bajai. Akibat pandemi dan diberlakukannya pembatasan, kini pendapatan mereka semakin kecil. Bahkan, beberapa memutuskan gulung tikar sementara, karena pendapatannya tidak menutupi modal.

“Mungkin banyak dari kita yang tidak menyangka, ada satu gang sangat kecil yang dihuni oleh beberapa keluarga yang merupakan kumpulan pedagang kecil. Di kawasan kelurahan Angke ini lah suasana seperti itu ada,” sebut Iim.

Sumiyati (44), salah satu penerima manfaat menceritakan, penjualannya merosot sangat jauh ketika pandemi menyerang. Sempat sudah mulai sedikit naik, namun kasus covid-19 semakin tinggi, akhirnya pembatasan kembali diberlakukan. Imbasnya, dagangannya kembali sepi, bahkan hampir tidak menutup kebutuhan sehari-hari keluarganya.

“Ya begini lah pekerjaan saya sehari-hari. Jualan seadanya. Sekarang sangat sepi mas. Hasilnya yang penting bisa buat makan,” ucap pedagang sosis bakar itu. (Dompet Dhuafa/Muthohar)