JAKARTA — Tim BARZAH (Badan Pemulasaran Jenazah) Dompet Dhuafa kembali mendapat permintaan untuk melayani pemulasaran 2 (dua) orang jenazah pasien Covid-19. Salah satu pasien Covid-19 itu meninggal dunia pada pukul 00.00 WIB, Senin (26/7/2021), setelah sebelumnya sempat mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Zahirah Jakarta Selatan.

“Jam 6 pagi, anak dari almarhum menghubungi Call Center BARZAH. Info yang kami terima, almarhum sang ibunda sudah meninggal sejak jam 12 dini hari. Namun jika menggunakan ambulans dari rumah sakit, harus menunggu hingga 2 hari sebab kondisi antrean penuh,” terang Irawan, salah satu Tim BARZAH Dompet Dhuafa yang bertugas saat itu.

“Akhirnya dia (anak almarhum) mencoba mencari alternatif ambulans lain, dan mendapat referensi dari seorang kawan untuk menghubungi BARZAH Dompet Dhuafa,” lanjut Irawan.

Tidak menunggu lama, Tim BARZAH pun segera merespon panggilan tersebut dan menyambangi RS Zahirah Jakarta Selatan. Setibanya di RS Zahirah, Tim BARZAH membawa jenazah tersebut ke TPU Rorotan untuk dimakamkan disana.

“Pagi kami jemput ke RS Zahirah, kemudian kami bawa ke TPU Rorotan. Alhamdulillah pelayanan selesai pada pukul 10.25 WIB. Malamnya, sekitar jam 22.00 WIB, kami kembali melayani jenazah yang meninggal di RSUD Cengkareng, untuk dimakamkan ke TPU Rorotan juga,” pungkas Irawan.

Irawan juga mengatakan, akhir-akhir ini permintaan untuk pemulasaraan jenazah menjadi banyak. Tidak hanya di BARZAH saja melainkan ambulans-ambulans lainnya juga padat menangani kasus-kasus Covid-19. Namun pemulasaran jenazahnya juga harus standar protokol yang ditentukan.

Dompet Dhuafa membuka layanan pemulasaran jenazah standar protokol Covid-19 yang dapat di akses melalui Crisis Center. Dalam layanannya, Dompet Dhuafa memberikan program pelayanan pemulasaran jenazah secara penuh melalui BARZAH. Mulai dari memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga pengantaran dan prosesi pemakaman.

Layanan BARZAH ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Hal sama juga berlaku untuk layanan lain penanganan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa. Masyarakat bisa mendaftarkan atau melakukan ajuan layanan melalui narahubung 0811-1617-101 melalui Whatsaapp. (Dompet Dhuafa / Dhika Prabowo)