Tangerang Selatan—“Bravo buat nakes (tenaga kesehatan), tetap jaga kesehatan dan semoga pandemi ini cepat berlalu dan bisa berkumpul sama keluarga lagi,” bunyi salah satu surat (03/08/2021).

Surat tersebut ditujukan untuk tenaga kesehatan yang sedang berjuang dalam menangani Covid-19. Hal ini digagas oleh Dompet Dhuafa dalam rangka program Gerakan Kepedulian Lindungi Nakes (26/7/2021). Dalam program ini masyarakat bisa mengirimkan surat motivasi kepada para relawan nakes Dompet Dhuafa. Baik berbentuk surat fisik yang dikirimkan ke DMC Dompet Dhuafa di Jalan Menjangan Raya Nomor 130, Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412. Maupun secara digital melalui tautan bit.ly/SuratuntukNakes.

“Hallo Kakak semua,

Sebelumnya terima kasih sudah menjadi relawan selama masa pandemi ini dalam merawat pasien Covid-19 dan pasien lainnya. Jujur Aku juga nakes, tapi hanya di klinik aja, jadi nggak terlalu banyak pasien.

Untuk Kakak semua yang sudah berjuang tanpa kenal lelah, tetap semangat ya Kak. Semoga apa yang Kakak semua lakukan menjadi pahala,” bunyi surat kedua.

Gerakan Kepedulian Surat untuk Nakes ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan kepada Para Tenaga Kesaehatan (Nakes), mulai dari Advokasi untuk Nakes yang mengalami kekerasan dan penanganan kebijakan perlindungan Nakes, juga untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat bahwa Para Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah berjuang, dan bekerja sesuai prosedur, apalagi di tengah kondisi peningkatan kasus covid yang melonjak seperti sekarang ini.

Hingga kini jumlah surat yang masuk lewat tautan di atas mencapai 25 surat (03/08/2021). Para nakes tersentuh lewat kiriman surat yang begitu banyaknya untuk mereka. Meski didera resiko penularan yang tinggi lantaran merawat dan menangani pasien Covid-19, mereka tetap semangat dalam membantu.

“Hallo Kakak-kakak nakes semuanya,

Terima kasih atas segala keringat, air mata, tenaga, kerja keras yang sudah diberikan selama merawat pasien-pasien selama ini. Mungkin jasa-jasa itu tak akan pernah bisa terbalas,” bunyi surat yang lainnya.

Hingga kini para relawan nakes selalu sedia siaga dalam Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa yang berlokasi di Jalan Menjangan Raya Nomor 130, Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412. Adapun layanan yang diberikan berupa: Layanan Ambulans Covid, Layanan Isoman Obat-Pemantaun Berkala, Support Oksigen, RS. Lapangan Covid-19, Layanan Pemulasaran Jenazah, Layanan Psikososial dan Religi, Layanan Dapur Umum di Zona-Zona Merah, dan Food for Dhuafa.

“Yuk semangat nakes, Aku yakin kamu bisa. Sehat-sehat ya kawan. Kalau bukan kita siapa lagi, Semoga lelah kita menjadi lillah ya,” bunyi surat dari salah seorang relawan nakes lainnya.