BOGOR — Tim Crisis Center Dompet Dhuafa kembali mendistribusikan oksigen untuk pasien positif Covid-19 pada Rabu (4/8/2021). Sebelumnya, pelapor yang merupakan anak dari pasien positif Covid-19, pukul 15.30 WIB sore itu menghubungi layanan Crisis Center Dompet Dhuafa untuk pengajuan kebutuhan oksigen darurat untuk sang ayahanda.

“Bapak sesak sejak tadi subuh. Kami sudah gunakan oksigen tabung kecil yang kami punya, tapi pagi harinya oksigen sudah habis. Saya coba cari, panik juga karena belum dapat oksigen. Waduh, padahal bapak sudah sempat stabil dan baru pulang dari rumah sakit setelah seminggu dirawat,” aku Bagus (bukan nama yang sebenarnya), anak dari pasien positif Covid-19 yang melapor pengajuan kebutuhan oksigen.

Ya, layanan Crisis Center Dompet Dhuafa segera merespon info itu dengan melakukan assesment lanjutan. Selang beberapa saat, pukul 16.30 WIB, Dompet Dhuafa memberangkatkan Tim Nakes (Tenaga Kesehatan) untuk menggulirkan layanan home visit pada pasien isoman (isolasi mandiri) tersebut ke kediamannya yang berada di Jl. Raya Tajur, Kel. Pasir Mukti, Kec. Citeureup, Kab. Bogor. Tim membawa serta 1 buah tabung oksigen berukuran 6 m3 dengan menggunakan armada 1 (satu) unit ambulans LKC (Layanan Kesehatan Cuma-cuma).

Sesampianya disana, Puspa Tanya selaku Tim Nakes Crisis Center Dompet Dhuafa, segera melakukan pengecekan tensi, suhu, juga saturasi terlebih dahulu. Bagus juga memberikan informasi, ayahnya yang kini berusia 58 tahun, terkonfirmasi positif dan sempat dirawat di rumah sakit terdekat sejak 1 minggu lalu. Sang ayah juga memiliki komorbid yakni hipertensi dan diabetes.

Ketika home visit saat itu, sang pasien memang mengeluh sesak. Didapati hasil pengecekan saturasi rendah yaitu pada angka 89. Setelah diberikan terapi oksigen yang dibawa Tim Nakes, saturasi naik ke angka 97.

“Kembali bagus, ya, Alhamdulillah. Saturasi yang sebelumnya di angka 89, naik ke angka 97. Kondisi tensi dan suhu juga normal. Sebelumnya pasien juga telah mendapatkan terapi obat dari rumah sakit saat dirawat,” sebut Puspa.

“Kita tahu pandemi ini masih ada, kita masih harus terus berjuang sampai entah kapan. Jadi untuk teman-teman Nakes dimanapun berada, semoga kita tetap semangat bertugas sebagaimana mestinya tanggung jawab kita, untuk orang-orang yang membutuhkan kita,” sambung Puspa.

Ia juga menghimbau dan berharap kepada masyarakat, agar siapapun bersama-sama membantu untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini, dan selalu berpartisipasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Akhirnya tadi siang dapat info dari teman untuk hubungi Dompet Dhuafa, sorenya saya hubungi, alhamdulillah ada. Membantu sekali, terima kasih, sehat selalu juga untuk tim yang bertugas dan para donaturnya,” sambung Bagus, lega.

Untuk mendapatkan akses layanan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa, dapat menghubungi 08111617101 (WA Only). Dengan mengirimkan pesan di nomor tersebut, para relawan dengan segera merespon dan mengirimkan pilihan layanan bantuan bagi warga yang menghubungi. (Dompet Dhuafa / Dhika Prabowo)