JAKARTA — Dompet Dhuafa melalui Crisis Center Covid-19 meluncurkan RS Lapangan untuk perawatan pasien Covid-19 di beberapa titik salah satunya RSUD Matraman Jakarta Timur, pada Jum’at (6/8/2021). Program ini merupakan upaya respon cepat dalam membantu pemulihan penyintas dari Covid-19 yang menghantui kehidupan manusia hampir dua tahun belakangan. RS Lapangan tersebut bahkan sudah difungsikan untuk merawat pasien dengan gejala ringan hingga berat.

Prima Hadi Putra selaku Direktur Operating Support Dompet Dhuafa menjelaskan, dana yang diberikan para donatur akan disalurkan dalam bentuk program untuk memperluas manfaat dan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. Selanjutnya, Putra juga menambahkan harapannya agar cepatnya dinonaktifkan karena tidak ada lagi kasus positif.

“RS Lapangan ini hasil pengelolaan amanah yang diberikan oleh para donatur kepada Dompet Dhuafa. Kami hanya mengelola kebaikan para donatur untuk ikut membantu dalam penangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Semoga dengan cepatnya instalasi RS Lapangan ini juga cepat pula dibongkar RS Lapangan ini karena kasus sudah tidak ada,” ucap Putra saat sambutannya.

Peresmian RS Lapangan ini bersamaan dengan penyerahan bantuan dari Matahari Group berupa Oksigen dan APD guna melengkapi fasilitas RS Lapangan tersebut. Bantuan yang disalurkan melalu Dompet Dhuafa diterima langsung oleh Direktur RSUD Pasar Minggu, Dience Meidiana.

“Terimakasih kepada seluruh pihak terutama Donatur, Dompet Dhuafa, dan Matahari Group yang terus mensupport kami selaku tenaga kesehatan untuk melawan pandemi Covid-19. Dengan adanya RS Lapangan ini jelas menambah space bagi pasien untuk mendapatkan perawatan dan kembali sehat,” ujar Dience.

Mujiono selaku Wakil Camat Matraman ingin dengan adanya RS Lapangan ini semakin menegaskan keseriusan masyarakat untuk keluar dari situasi darurat ini. Mujiono mengajak seluruh masyarakat Matraman untuk mentaati prokes dan membantu tenaga medis dengan hal baik seperti donasi melalui Dompet Dhuafa.

“Alhamdulillah Kecamatan Matraman menempati predikat penanganan Covid-19 terbaik di DKI Jakarta, ditambah bantuan RS Lapangan ini semakin menegaskan keseriusan kita semua untuk keluar dari pandemi ini. Namun masyarakat harus tetap serius menjalankan proses dan kita dorong kemajuan ini dengan hal baik seperti donasi yang dilakukan di Dompet Dhuafa,” pungkas Mujiono saat peresmian berlangsung.

Dompet Dhuafa melalui program Crisis Center, menggulirkan berbagai layanan selama pandemi Covid-19 untuk masyarakat. Di antaranya adalah layanan ambulans yang berjumlah 3 armada yang selalu siaga selama 24 jam untuk melayani masyarakat yang membutuhkan. Covid-19 Crisis Center Dompet Dhuafa juga memiliki dokter dan tenaga kesehatan yang secara shifting melayani 24 jam. Kemudian juga penyediaan Rumah Sakit Lapangan sebagai sarana penambahan kapasitas penanganan pasien-pasien Covid-19.

Selain itu juga stok oksigen yang saat ini menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat. Selanjutnya, Covid-19 Crisis Center juga menyediakan paket medical support berupa makanan dan obat-obatan untuk para penyintas Covid-19 yang membutuhkan. Secara ringkas, melalui hotline whatsapp 08111617101, masyarakat bisa mendapatkan layanan-layanan aksi Covid-19 Crisis Center berikut. (Dompet Dhuafa / Arlen)