TANGERANG SELATAN – Virus Covid-19 bisa menyerang siapa saja, tidak hanya orang tua dan dewasa tetapi juga anak-anak. Dengan demikian anak-anak juga harus mendapatkan perlidungan kesehatan khusus termasuk vaksinasi. Namun sayangnya tidak setiap anak bisa mengakses vaksinasi gratis yang diberikan oleh pemerintah.

Untuk itu dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 18 Juli 2021, Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (PSAA-LKSA) berkolaborasi dengan beberapa lembaga termasuk Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD) dalam menyelenggarakan vaksinasi gratis untuk anak-anak panti asuhan pada Minggu, 18 Juli 2021 di Assembly Hall Jakarta Covention Center (JCC) Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Vaksinasi terhadap anak-anak dianggap penting karena selain mereka rentan terkena virus, anak-anak juga sebagai masa depan bangsa yang harus terjamin kesehatannya. Dalam pelaksanaan vaksinasi gratis kali ini terdapat 98 anak dan 21 pendamping panti asuhan yang yang mendapatkan layanan vaksin gratis. Mereka berasal dari Depok dan Tanah Abang.

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, dengan adanya vaskinasi gratis ini bagian dari upaya kita dalam memastikan agar anak-anak bisa terlindungi dan mereka bisa hidup ditengah pandemi,” Ujar Jasra Putra, S,Fil.i., M.Pd selaku Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Robert Perlindungan Simanjutak selaku Asisten Deputi Pelayanan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyatakan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi tersebut dan akan memprioritaskan vaksinasi kepada anak yang memerlukan perlindungan khusus.

“Seperti kita ketahui bahwa populasi anak di Indonesia sepertiga dari jumlah total penduduk, jadi sekitar 70 juta. Sehingga anak-anak sangat rentan. Untuk itu kolaborasi seperti ini akan membatu percepatan target pemerintah yaitu tercapainya herd immunity kekebalan masyarakat, dalam arti seluruh masyarakat sudah melakukan vaksinasi untuk mengurangi resiko terpaparnya Covid-19. Dan anak-anak yang memerlukan perlindungan khusus seperti anak panti asuhan, anak jalanan akan menjadi prioritas kami,” terang Robert.

Irlan Suud selaku Ketua Umum Alumni Kanisius Menteng 64 menyatakan bahwa vaksinasi untuk anak-anak merupakan kegiatan yang positif dalam upaya mewujudkan Anak Terlindungi Indonesia Maju.

“Senang sekali hari ini kita kedatangan anak-anak dari panti asuhan, tentunya ini adalah hal positif. Dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berlanjut,” Tutur Irlan.

Sementara itu, Ahmad Lukman selaku Manajer Pengurangan Resiko Bencana DMC DD menyatakan bahwa kolaborasi dalam rangka vaksinasi gratis tersebut sangatlah bermanfaat dalam membantu kebutuhan layanan kesehatan anak-anak panti asuhan khusunya di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Alhamdulillah hari ini kita dari DMC bisa berkolaborasi membantu proses vaksinasi anak-anak panti asuhan dengan memfasilitasi transportasi dan konsumsi gratis. Selain itu saat ini kami di DMC juga sedang menjalankan program Crisis Center Covid-19, yang mana salah satunya kami melakukan pendistribusian beras ke tempat-tempat panti asuhan,” ungkap Lukman.