JAKARTA – Penuhnya akses layanan di rumah sakit sejak menguatnya kasus infeksius Covid-19, membuat sebagian besar orang yang terpapar virus tersebut, harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Tentunya bagi pasien bergejala maupun yang membutuhkan penanganan khusus, keterbatasan tersebut harus ia lalui dengan standar isolasi mandiri di rumah. Bahkan tak sedikit yang kesusahan untuk mendapatkan bantuan oksigen yang menjadi salah satu piranti vital bantuan pernafasan pasien Covid-19. Mengingat kasus infeksius Covid-19 kali ini, banyak yang mengeluhkan sesak nafas dan turunnya saturasi oksigen di dalam tubuh.

Dari kondisi tersebut di atas, tak sedikit yang akhirnya tak mampu survive dengan infeksius Covid-19 di tubuhnya. Takdir berkata lain, para pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah, akhirnya meninggal dunia. Saat pasien Covid-19 meninggal dalam kondisi isoman di rumah, tentu pemulasaran jenazahnya juga harus standar protokol yang ditentukan.

Untuk melayani permintaan tersebut, Dompet Dhuafa membuka layanan pemulasaran jenazah standar protokol Covid-19 yang dapat di akses melalui Crisis Center. Dalam layanannya, Dompet Dhuafa memberikan program pemulasaran jenazah secara paripurna. Mulai dari memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga pengantaran dan prosesi pemakaman.

“Banyak yang mengakses informasi layanan barzah dari keluarga yang meninggal saat isolasi mandiri. Saat meninggal karena isolasi mandiri, tim Barzah Dompet Dhuafa akan memberikan pelayanan penuh atau dapat dikatakan secara paripurna. Mulai dari memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga memakamkan. Termasuk juga kami berikan secara Cuma-Cuma kantong dan peti jenazah sebagai prokes pemakaman Covid-19,” jelas Irawan, selaku tim kontak layanan Barzah Dompet Dhuafa melalui pesan singkat.

Namun tim Barzah juga menerapkan ketentuan saat pelayanan jenazah isolasi mandiri. Yaitu tim Barzah Dompet Dhuafa wajib menerapkan protokol kesehatan penuh. Kemudian juga harus melalui persetujuan RT, RW dan satgas Covid-19 setempat.

Untuk mendapatkan akses layanan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa, dapat menghubungi 08111617101 (WA Only). Dengan mengirimkan pesan di nomor tersebut, para relawan dengan segera merespon dan mengirimkan pilihan layanan bantuan bagi warga yang menghubungi.

Mari, kita bersama kuatkan kolaborasi untuk aksi-aksi kemanusian bagi sesama. Di tengah terpaan badai pandemi Covid-19 kali ini, saatnya salurkan bantuan terbaik Anda melalui rekening 237.300.4723 (BCA) dan 7.000.523.757 (Bank Syariah Indonesia/Mandiri Syariah). Seberapapun bantuan kita, saat kolaborasi dan kebersamaan menjadi landasannya, tentu akan membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 di negeri ini. (Dompet Dhuafa/ Taufan YN)