TANGERANG, BANTEN — Seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia, khususnta Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), masyarakat yang terpapar turut mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan. Bak oase di tengah gurun pasir, Dompet Dhuafa hadir untuk masyarakat dengan layanan Crisis Center sebagai bagian respon cepat untuk akses masyarakat yang terdampak itu. Bahkan, dalam salah satu program Crisis Center, Dompet Dhuafa turut mendistribusikan bantuan paket pangan dalam layanan Food For Dhuafa.

General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa, dr. Yeni Purnamasari, MKM., mengatakan bahwa hingga pada Sabtu (31/7/2021), Crisis Center Dompet Dhuafa telah menggulirkan paket nutrisi bagi masyarakat terpapar Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di wilayah Jabodetabek. Terdapat sebanyak 150 orang penerima manfaat, yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota dan mencakup 3 Provinsi.

“Sebaran paket isoman terbanyak yakni wilayah Depok dengan jumlah 44 orang penerima manfaat. Posisi kedua diikuti wilayah Kota Tangerang dengan jumlah 20 orang penerima manfaat. Dan urutan ketiga yakni wilayah Kota Bekasi dengan jumlah 18 orang penerima manfaat,” sebut  dr. Yeni Purnamasari, MKM.

Ia juga katakan, “Dompet Dhuafa juga merespon dengan layanan ambulans kesehatan dan ambulans BARZAH (pemulasaran jenazah) secara paripurna yang dimiliki. Sampai saat ini sudah 61 penerima manfaat, yang mencakup 13 Kota/Kabupaten di 3 Provinsi yang terlayani.

“Di sisi lain, layanan yang diberikan Dompet Dhuafa yaitu dengan cara berkunjung ke masyarakat yang isoman dari rumah ke rumah, dan memberikan layanan pengecekan kesehatan atas rekomendasi Ketua RT/RW setempat. Selain pengecekan, tim memberikan asupan gizi dari hadirnya Dapur Umum di sejumlah 5 titik di Jabodetak. Layanan isoman dan paket gizi telah membantu 175 penerima manfaat di 12 Kota/Kabupaten dengan mencakup 3 Provinsi,” tambahnya lagi.

Dompet Dhuafa terus memberikan layanan selama 24 jam untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang secara bertahap menurun kasusnya. Komitmen ini, tentu saja butuh dukungan berbagai pihak di masyarakat.

Berbagai layanan khusus Covid-19 terus dihadirkan dengan akses melalui Hotline (WhatsApp Only: 0811-1617-101) Call Crisis Center, konsultasi kesehatan, sedekah oxygen, ambulans Covid-19 dan pemulasaran jenazah, mendirikan RS Lapangan, layanan disinfeksi dan sterilisasi, bantuan isoman dan makanan bergizi, Psychosocial First Aid (PFA), hingga Food for Dhuafa, juga mendirikan Dapur Umum.

“Adanya aksi layanan Crisis Center, Dompet Dhuafa turut mendistribusikan obat dan pemantauan masyarakat yang sedang isoman sebanyak 190 penerima manfaat di 12 Kota/Kabupaten dengan cakupan 3 Provinsi. Dompet Dhuafa juga aktif dalam mendukung pendistribusian oksigen bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, sebanyak 252 penerima manfaat untuk kebutuhan oksigen isoman di rumah. Layanan oksigen ini turut distribusikan ke 3 Rumah Sakit, dengan cakupan 13 Kota maupun Kabupaten di 3 Provinsi”, pungkas dr. Yeni Purnamasari, MKM.

Mari, kita bersama kuatkan kolaborasi untuk aksi-aksi kemanusian bagi sesama. Di tengah terpaan badai pandemi Covid-19 kali ini, saatnya salurkan bantuan terbaik Anda melalui rekening 237.300.4723 (BCA) dan 7.000.523.757 (Bank Syariah Indonesia/Mandiri Syariah). Seberapapun bantuan kita, saat kolaborasi dan kebersamaan menjadi landasannya, tentu akan membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 di negeri ini. (Dompet Dhuafa / Bani Kiswanto)