JAKARTA — Pada Senin (21/6/2021), Dompet Dhuafa mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 yang berlokasi di  Gedung Philanthropy, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam program vaksinasi ini, Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa menjalin kerjasama dengan Puskesmas Pasar Minggu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan RS Kartika Pulomas hingga 12 hari ke depan, yaitu tanggal 2 Juli 2021.

GM Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa, dr. Yenny Purnamasari MKM., mengatakan, vaksinasi ini dapat diikuti oleh warga DKI Jakarta, atau yang memiliki surat keterangan domisili DKI Jakarta, atau surat keterangan bekerja dari perusahaan yang bertempat di DKI Jakarta. Program ini menjadi upaya Dompet Dhuafa dalam mendukung program pemerintah percepat vaksinasi. Selain menerapkan disiplin protokol kesehatan, Dompet Dhuafa menggelar layanan vaksinasi untuk meningkatkan perlindungan bagi individu maupun komunitas.

“Kami berharap program ini dapat membantu mempercepat upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia sekaligus dapat memutus rantai penularan Covid-19.  Kami juga berharap Indonesia dapat segera terbebas dari Covid-19. Jangan lupa, meski sudah vaksin, namun harus tetap menerapkan prokes dengan ketat,” tutur Yeni.

Senada dengan itu, dr. Amelia, selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu mengungkapkan merasa terbantu dengan kolaborasi ini. Ia menyebutkan, pada tanggal 17 Agustus 2021, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menargetkan untuk mencapai 7,5 juta warga DKI yang berhasil melakukan vaksin.

“Terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang telah bekerjasama dengan Puskesmas Paar Minggu untuk percepatan vaksinasi covid-19 di wilayah DKI Jakarta. Kami merasa terbantu sekali dengan kolaborasi ini, artinya nanti pada tanggal 17 Agustus 2021 kami diminta untuk mencapai 7,5 juta warga DKI yang berhasil melakukan vaksin,” terangnya.

Program vaksinasi ini dilaksanakan mengingat saat ini telah memasuki tahap vaksinasi keempat, yaitu untuk masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas, setelah selesai tahap vaksinasi pertama untuk tenaga kesehatan, tahap kedua untuk lansia, dan tahap ketiga untuk pra-lansia.

“Kini memasuki tahap keempat yaitu untuk yang berusia 18 ke atas,” jelas Amelia.

Sedangkan target peserta vaksinasi pada program ini, Dompet Dhuafa dan Puskesmas Pasar Minggu menargetkan 100 hingga 200 per hari, hingga selesai pada tanggal 2 Juli 2021 mendatang.

Amelia berharap, dengan percepatan vaksinasi ini dan semakin banyak masyarakat yang melakukan vaksin, maka akan dapat segera terwujud Herd Immunity bagi seluruh masyarakat DKI Jakarta pada umumnya, dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya. (Dompet Dhuafa / Muthohar)