TANGERANG SELATAN — Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa mendistribusikan tabung oksigen berukuran 6 m3 untuk dua pasien di Tangerang Selatan dan Bekasi pada Jum’at malam (16/07/2021). Sebelumnya Dompet Dhuafa menerima ajuan permintaan untuk tabung oksigen bagi penyintas Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri pada Jumat malam, seketika itu Dompet Dhuafa menyiapkan tabung oksigen yang sudah terisi untuk segera digunakan untuk penerima manfaat.

Selain mendistribusikan tabung oksigen, tim Dompet Dhuafa juga melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kondisi terbaru pasien. Tekanan darah, suhu tubuh, saturasi oksigen dan lain-lain. Menyusuri malam, tim bergerak dengan armada ambulan menembus wilayah-wilayah pemukiman.

“Pak, apakah umur saya sudah tidak panjang?” tanya seorang pasien di Tangerang Selatan.

“Jangan tanya gitu Pak,” jawab Muhammad Faisal salah seorang tenaga kesehatan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa. “Saat ini fokus untuk kesembuhan diri Bapak. InsyAllah dengan dukungan keluarga Bapak dan pantauan berkala dari satgas Covid-19, semua bisa dilalui,” lanjutnya.

Didapati saturasi oksigen pasien tersebut berada di titik 50, dan perawat Dompet Dhuafa melihat bahwa beliau seharusnya sudah berada di ruang ICU untuk perawatan yang lebih intensif dengan fasilitas yang mencukupi.

“Pak, saya harus bayar berapa untuk layanan ini?” tanya kembali pasien tersebut.

“Tidak ada biaya pak. Bapak tenang saja, keluarga Bapak selalu ada untuk Bapak. Jadi kembali lagi, fokus dahulu untuk kesembuhan Bapak. Tetap semangat dan jangan putus asa,” ujar Faisal kembali menenangkan.

Seusai memasang tabung oksigen pasien di Tangerang Selatan. Tim kembali bergerak menuju titik kedua di Bekasi. Adapun penerima manfaat di Bekasi terdiri dari satu keluarga yang terpapar positif Covid-19. Namun hanya satu yang membutuhkan perawatan intensif.

Bersama salah seorang relawan setempat, tim mengangkut tabung oksigen ke kamar pribadi pasien tersebut. “Pak untuk menghubungi layanan seperti ini, apa yang harus saya lakukan?”tanya keluarga pasien tersebut.

“Kita ada narahubung Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa yang bisa dihubungi. Insyallah kami selalu stand by 24 jam dan sigap melakukan bantuan respon,” tutup Faisal. (Dompet Dhuafa / Fajar)