SIARAN PERS, JAKARTA — Dalam paparan data di pemberitaan media massa, pemerintah merilis update terbaru kasus positif Covid-19 atau yang biasa disebut Corona di Indonesia,  bertambah. Tercatat hingga Sabtu (14/3/2020) siang, ada 96 kasus. Angka tersebut bertambah 27 kasus dari catatan hari sebelumnya, Jumat (13/3/2020).

Melihat kondisi tersebut, sebagai lembaga kenanusiaan dan mitra pemerintah dalam melayani kesehatan masyarakat, Dompet Dhuafa menyiagakan jaringan rumah sakitnya sebagai rujukan penanganan Covid-19. Ada RS Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Parung, Bogor,  yang menjadi rujukan Dinas Kesehatan Bogor. Kemudian RS Kartika Pulomas Jakarta Timur, yang menggelar sosialisasi kepada pasien. Selain itu, RS Kartika Pulomas juga menyiagakan ambulans dan tenaga medis untuk penanganan pasien Corona.

Direktur Utama RS RST Dompet Dhuafa dr. Muhamad Zakaria, mengatakan, seorang pasien datang pada Sabtu (7/3/2020) dini hari, dengan gejala mirip Covid-19. Tenaga medis RS RST Dompet Dhuafa, melakukan langkah antisipasi maupun pencegahan, sebagai bentuk kewaspadaan.

“Petugas medis telah melakukan pemeriksaan, screening dan pengobatan terhadap pasien tersebut. Karena keluhan yang dirasakan mirip dengan gejala penderita virus Covid-19, maka pihak medis RS RST Dompet Dhuafa langsung menempatkan pasien tersebut pada ruang perawatan secara terpisah. Ya bahasa umumnya kamo isolasi,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dan informasi mengenai Covid-19, termasuk penanganan rujukan, dapat menghubungi call center Covid-19 Dompet Dhuafa di 0811-16171-01. Semoga kita semua senantiasa mendapat perlindungan dan kesehatan dari Allah SWT, serta negeri ini terbebas dari virus Corona. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)