Semarang, Jawa Tengah — Crisis Center Cekal Corona Dompet Dhuafa bantu penanganan Covid-19 di Semarang lewat program Ketahanan Pangan dan Oksigen Merdeka untuk Negeri. Melalui uluran tangan donatur, Dompet Dhuafa mendonasikan sejumlah 100 tabung oksigen, 50 ton beras, 20.000 daging kemasan, dan 150 paket nutrisi (12/8/2021).

Adapun penyerahan simbolis dilakukan di kantor pemerintah provinsi Jawa Tengah dan diterima langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta jajaran staffnya.

Melalui unit organ Dompet Dhuafa seperti Disaster Management Center (DMC), Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM), Dompet Dhuafa Jawa Tengah, bantuan akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini juga tidak lepas dukungan dari ILUNI UI, kitabisa.com, Matahari, dan Audy Dental selaku donatur yang turut serta berkontribusi mengentaskan Covid-19.

Dalam pendistribusiannya Dompet Dhuafa akan melakukan asesmen penerima manfaat sehingga menjadi tepat sasaran.”Semua yang terdampak. Baik pasien, tenaga yang turut membantu menangani Covid-19, seperti tenaga kesehatan, petugas TPU dan lain sebagainya serta masyarakat umum yang terdampak besar secara ekonominya,” jelas Nasyith Majidi selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa.

Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa yang juga turut hadir dalam penyerahan simbolis mengatakan,” (Bantuan) ini merupakan satu paket sistem pemberdayaan. Tidak sekedar membeli dan membagikan bantuan. Tapi kita memproduksi dari petani-petani yang diberdayakan dan hasilnya kita bagikan kepada masyarakat terdampak yang menjadi penerima manfaat. Jadi ada siklus yang berkesinambungan,” pungkasnya.

Bantuan ini akan menyasar sejumlah wilayah Jawa Tengah.” Hari ini orang baik datang kembali. Ada yang menyumbang sembako, masker dan lainnya. Saya ucapkan banyak terima kasih dan semoga bermanfaat. Hal ini (kerja sama) sangat penting untuk mengisi ruang-ruang kosong yang belum ter-cover oleh pemerintah,”ujarnya.

Selain itu Dompet Dhuafa gulirkan pemberdayaan sektor pertanian di Jawa Tengah, seperti di wilayah Klaten, Blora, Magelang, Wonogiri, Wonosobo, Kebumen, Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, Brebes serta Rumah Jamur di Batang. Sementara untuk sektor peternakan terdapat di wilayah Kendal, Boyolali dan Semarang.

Di bidang kesehatan, Dompet Dhuafa telah gulirkan Klinik dan Homecare di Purwokerto dan TB Center di Magelang. Sementara di bidang pendidikan terdapat program beasiswa di Rembang dan rumah quran di Pati dan Semarang. (Dompet Dhuafa / DMC)